“Hedonis” Telkomsel Membuat Pengguna Beralih..

22 December 2019 0 By admin

Pengguna layanan dari Telkomsel di Indonesia mencapai angka 168 juta pelanggan dan menjadikan Telkomsel menjadi operator dengan jumlah pelanggan terbanyak di Indonesia. XL dan Indosat hanya berbagi dengan jumlah pengguna 57 juta pengguna. Hal ini disebabkan ekspansi dari Telkomsel yang banyak mengakuisisi pengguna operator lain di luar Jawa dan sementara XL dan Indosat masih fokus di Jawa dan kota-kota besar di luar Jawa.

Tetapi tahukah anda bahwa jumlah pengguna Telkomsel yang besar tidak sejalan dengan loyalitas penggunaan internet. XL dan Indosat jauh lebih banyak menggunakan data internet sebesar 4,9 dan 4,6 Gb pada kuartal kedua tahun 2019. Sementara rata-rata pengguna Telkomsel hanya 3.2 Gb. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan data internet pada pelanggan XL dan Indosat secara rata-rata lebih besar dari pengguna Telkomsel.

Dengan jumlah penggunaan data yang lebih tinggi, maka pendapatan dari pengguna operator XL lebih besar dari Telkomsel dan Indosat. Pengguna XL bisa menghabiskan biaya 27 Ribu Rupiah per pengguna sementara Telkomsel hanya 24, 8 Ribu Rupiah Per Pengguna dan Indosat 23,3 Ribu Rupiah Per Pengguna. Melihat hal ini tentu perlu menjadi perhatian bagi Telkomsel apalagi sokongan terhadap infrastruktur dibawah bendera besar BUMN Telkom jauh melebihi dari XL dan Indosat.

Rendahnya penggunaan internet data dari Telkomsel dipengaruhi oleh berbagai hal, namun faktor perbedaan harga yang terjadi antara operator yang di sokong oleh perusahaan plat merah dengan perusahaan swasta seperti Xl dan Indosat menjadi hal yang paling banyak menjadi sebabnya. Entah kebijakan apa yang di ambil oleh manajemen Telkomsel sehingga dengan jumlah pengguna yang banyak, infrastruktur yang luas dan dukungan yang kuat dari perusahaan induknya justru membuatnya lebih mahal dari operator lain.

“Hedonisme” harga paket data operator Telkomsel seharusnya tidak boleh terjadi, apalagi unsur kepemilikan induk dari Telkomsel yakni Telkom Indonesia memiliki peran ganda yakni untuk membantu masyarakat Indonesia di samping profit. Kita sebagai praktisi di dunia bisnis akan selalu mengalami kebingungan apabila dalam rumusan sederhana sebuah perusahaan dengan pengguna yang banyak justru malah tidak mampu membuat harga lebih murah dari operator yang memiliki jumlah pengguna yang lebih rendah.

Semoga pengambil kebijakan diluar sana, khususnya kepada para stakeholder Telkomsel bisa terbuka matanya agar mampu berkompetisi dan memberikan akses data internet terbaik untuk rakyat Indonesia.