Lihatlah mereka yang berteriak anti KKN kini mencoba mencari pembenaran karena terpelihara oleh kekuasaan

- BS -
Sempalan Mahasiswa 98
2 December 2022

BONA

Verba Volant Scripta Manent

Single Identification Keanggotaan Parpol

Views: 215
0 0
Read Time:1 Minute, 55 Second

Setiap lima tahun sekali, wasit pertandingan antara partai politik dalam hal ini diwakili oleh KPU selalu saja mengalami masalah yang mendasar yakni tentang dualisme atau lebih keanggotaan partai politik. Masalah klasik yang selalu menghantui proses verifikasi partai politik ini belum bisa terselesaikan hingga saat ini.

Apakah masalahnya di teknis atau politis, ini yang perlu dijawab terlebih dahulu. Secara teknis tentu dengan mudahnya bisa dicarikan jalan keluarnya dengan berbagai sistem dan aplikasi serta percepatan kemajuan teknologi informasi baik itu melalui konsep integrasi data hingga advance system seperti blockchain. Semua solusi secara teknis sudah tersedia dan mudah didapatkan dan dikerjakan.

Bagaimana dengan politis ?, ini yang rumit. Dasar berpikir demokrasi yang meminta masukan dari berbagai partai politik tentu bukanlah solusi yang tepat. Sampai kapanpun jika tidak ada kemauan keras dari sang wasit dengan latarbelakang melakukan transparansi dan efektifitas kerja pastinya tidak akan menyelesaikan masalah politis ini. Sebagai wasit dan fasilitator KPU harus berani menetapkan tata aturan baru yang di selaraskan dengan kemajuan dan perkembangan jaman. Jika ada yang menghambat dengan dalih SDM di parpol maka parpol tersebut wajib dipertanyakan tentang keinginannya menciptakan para pemimpin yang siap menghadapi tantangan jaman.

KPU harus sudah memulai melakukan sistem integrasi dan sinkronisasi digital dengan partai politik yang ingin berkompetisi. Integrasi seperti single identitas satu orang satu keanggotaan harusnya sudah bisa segera di laksanakan. KPU cukup menyiapkan saja infrastruktur seperti server yang menyediakan layanan integrasi dan sinkronisasi dengan metode API (Json/ RestAPI) yang dan memberikan akses penggunaan kepada partai politik. Parpol yang tidak menggunakan maka di anggap tidak ingin melanjutkan kehidupan partainya.

Layanan integrasi itu sebetulnya akan sangat berguna untuk parpol itu sendiri. Selama ini parpol juga banyak “tertipu” oleh oknum politisi yang memiliki 2 atau lebih keanggotaan parpol. Bahkan tidak jarang kadang demi untuk saling menjatuhkan digunakan cara cara kotor dengan sengaja mendaftarkan anggotanya ke parpol lain dan pada saat verifikasi membuat “panik” salah satu parpol dengan status TMS (Tidak Memenuhi Syarat).

Rapat terakhir dengan KPU, hal ini telah menjadi point utama dan KPU berjanji untuk mencoba membangun sistem tersebut dan memulai penerapannya kepada parpol pada tahun ini. Walaupun KPU juga akan menghadap DPR untuk mendapatkan persetujuan agar memasukan hal ini ke dalam aturan KPU. Semoga hal ini bisa implemetansin dengan cepat sehingga parpol juga bisa tenang menghadapi verifikasi dan oknum oknum politisi yang memiliki dualisme atau lebih keanggotaan parpol.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %